Tulisan Astaghfirullah

Tulisan arab astaghfirullah atau yang biasa kita kenal dengan sebutan kalimat istighfar merupakan salah satu kalimat yang jika di ucapkan maka segala dosa kita bisa di ampuni oleh Allah SWT.

Seperti motto kami sampaikanlah walau satu ayat, pada kesempatan kali ini kami akan kembali berbagi pembahasan kepada teman-teman sekalian tentang tulisan kalimat astaghfirullah. Sebuah kalimat yang agung ini.

Untuk kalian yang mungkin belum mengetahui informasinya mari simak ulasan berikut ini!

Tulisan Arab Astaghfirullah

tulisan astaghfirullah
maunah.id

Berikut adalah tulisan arab, latin astaghfirullah beserta maknanya.

Tulisan arab astaghfirullah  :

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Tulisan astaghfirullah latin :

Astaghfirullahal ‘adzim

Arti tulisan astaghfirullah

“Saya memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung”

Tulisan Astaghfirullah Dipecah Per-kata

أستغفر = Aku memohon ampun الله = (kepada) Allah العظيم = Yang Maha Agung

Tulisan Astaghfirullah Dipecah Per-huruf

Tulisan Astaghfirullah jika di pecah perhuruf hijaiyah maka akan menjadi 16 huruf  :

  1. اَ
  2. سْ
  3. تَ
  4. غْ
  5. فِ
  6. رُ
  7. ا
  8. ل
  9. ل
  10. هَ
  11. ا
  12. لْ
  13. عَ
  14. ظِ
  15. يْ
  16. مَ

Kalimat istighfar, astaghfirullahal ‘adzim juga merupakan salah satu kalimat toyyibah di dalam ajaran agama islam atau kalimat yang baik untuk di ucapkan.

Apabila di ucapkan maka kita akan mendapatkan berbagai macam kebaikan atau ganjaran dari Allah SWT, misalnya seperti mengucapkan kalimat istighfar ini maka dosa-dosa kita akan di ampuni oleh Allah SWT.

Disarankan ketika sebelum memulai melakukan sesuatu membaca bismillah dan membaca istighfar tujuannya adalah selain supaya di mudahkan dan di berkahi juga seluruh perbuatan muamalah sehari-hari dan jika ada yang salah baik kita sengaja maupun tidak akan di ampuni oleh Allah SWT.

Contoh kalimat toyyibah lainnya antara lain, :

  • Basmalah (bismillah)
  • Takbir (Allahu Akbar)
  • Tasbih (Subhanallah)
  • Tahmid (Alhamdulillah)
  • Tahlil (laa ilaha illallah)
  • Sholawat (Allahumma sholli ‘ala Muhammad)
  • Salam 
  • Tarji
  • dan lain-lain.

Keutamaan Kalimat Istighfar

tulisan astaghfirullah

Istighfar banyak sekali memiliki banyak keutamaan. Berikut ini merupakan beberapa keutamaan kalimat istighfar dalam Al-Qur’an dan Hadits.

1.Dimudahkan Rezeki

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّاراً . يُرْسِلِ السَّمَاء عَلَيْكُم مِّدْرَاراً . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَل لَّكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَل لَّكُمْ أَنْهَاراً
Artinya: “Aku (Nabi Nuh) berkata (pada mereka), “Beristighfarlah kepada Rabb kalian, sungguh Dia Maha Pengampun. Niscaya Dia akan menurunkan kepada kalian hujan yang lebat dari langit. Dan Dia akan memperbanyak harta serta anak-anakmu, juga mengadakan kebun-kebun dan sungai-sungai untukmu” (QS. Nuh: 10-12)

Salah satu keutamaan dari kalimat istighfar atau tulisan astaghfirullah ini adalah di mudahkan rezeki seperti pada penjelasan ayat pada QS.Nuh di atas.

2. Diberikan Jalan Keluar atas Segala Masalah

مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارِ؛ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ
“Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”  (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas dan sanadnya dinilai sahih oleh al-Hakim serta Ahmad Syakir)

Pada hadits yang di riwayatkan oleh Ahmad juga menyatakan beberapa manfaat dari membaca istighfar.

3. Mencegah Turunya Adzab Allah

Manfaat lainnya membaca istighfar adalah bisa mencegah turunnya adzab Allah SWT.

وَ مَا کَانَ اللّٰہُ مُعَذِّبَهمۡ وَهمۡ یَسۡتَغۡفِرُوۡنَ
Wamaa kaanallaahu mu’adzdzibahum wahum yastaghfiruun.

Artinya: Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (Al Anfal:33)

4. Dimasukkan Ke Dalam Surga

Keutamaan lainnya dari membaca istighfar atau memohon ampun kepada Allah adalah di masukkan ke dalam surga, seperti firman Allah SWT dala surat Ali Imran : 135-136

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَىٰ مَا فَعَلُوا وَهُمْ  يَعْلَمُونَ
Artinya : Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.– (QS.Ali-Imran : 135)
أُولَٰئِكَ جَزَاؤُهُمْ مَغْفِرَةٌ مِنْ رَبِّهِمْ وَجَنَّاتٌ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَنِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ
Artinya : Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal-(QS.Ali-Imran : 136)

5. Diberi Kebahagiaan

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya :

“Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikannya kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

6. Dicintai oleh Allah SWT

Selanjutnya salah satu keutamaan dari membaca kalimat istighfar adalah di cintai oleh Allah SWT seperti yang termaktub dalam QS. Al-Baqoroh : 222 yang berbunyi :

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ…..
“……Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqoroh : 222).

Catatan Seputar Tulisan Kalimat Istighfar

tulisan arab astaghfirullah
maunah.id

Sesuai Syariat

Hendaknya ketika membaca istighfar sesuai dengan yang di contohkan oleh Rasulullah SAW, dan sebisa mungkin telusuri terlebih dahulu jika redaksi istighfarnya berbeda.

Berbeda entah karena kita belum tahu banyak tentang tulisan atau kalimat istighfar atau memang benar-benar tidak ada dasar ajarannya (dalil) sama sekali.

اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ – HR. Ahmad

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه – HR. Tirmidzi

Sayyidul Istighfar

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْت
“Allôhumma anta robbî lâ ilâha illa anta kholaqtanî wa anâ ‘abduka wa anâ ‘alâ ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. A’ûdzubika min syarri mâ shona’tu, abû’u laka bini’matika ‘alayya, wa abû’u bi dzanbî, faghfirlî fa innahu lâ yaghfirudz dzunûba illa anta”. HR. Bukhari.

Sayyidul istighfar juga memiliki keutamaan barang siapa yang membacanya lalu meninggal dunia pada sore hari niscaya akan di masukkan ke dalam surga, begitupula jika di baca pada malam hari, lalu paginya meninggal dunia maka ia akan di masukkan juga ke dalam surga.

Perhatikan “Kualitas” Zikir

Memang di anjurkan untuk berdzikir sebanyak-banyaknya baik bismillah, tasbih, tahlil, tahmid maupun tulisan kalimat istighfar juga.

Namun yang terpenting adalah kekhusyu’an dalam membaca dan menghayati maknanya, jangan cepet-cepetan ya bacanya teman-teman hehe.

Terkadang ada juga yang menganjurkan untuk membaca dengan jumlah tertentu namun banyak, ribuan kali misalnya sebenarnya memang tidak ada batasnya namun tidak di “khususkan” juga, ini di kembalikan pada keyakinan masing-masing.

Namun untuk zikir tasbih, tahmid, takbir biasanya di baca sebanyak 33x ba’da sholat, dasarnya adalah hadits yang di riwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah, ra. Bahwasanya Nabiyullah MUhammad SAW bersabda :

مَنْ سَبَّحَ اللَّهَ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَحَمِدَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ وَكَبَّرَ اللَّهَ ثَلَاثًا وَثَلَاثِينَ فَتْلِكَ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَقَالَ تَمَامَ الْمِائَةِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ غُفِرَتْ خَطَايَاهُ وَإِنْ كَانَتْ مِثْلَ زَبَدِ الْبَحْرِ
“Barang siapa yang bertasbih sebanyak 33x, bertahmid sebanyak 33x, dan bertakbir sebanyak 33x setelah melaksanakan shalat fardhu sehingga berjumlah 99, kemudian menggenapkannya untuk yang keseratus dengan ucapan laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku walalhul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodiir, maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.” (HR. Muslim no. 597).

Kaligrafi Tulisan Astaghfirullahaladzim

kaligrafi astaghfirullahaladzim
maunah.id

Video Pembuatan Kaligrafi Tulisan Astaghfirullahaladzim

Akhir Kata

Cukup sampai di sini pembahasan kita kali ini seputar tulisan arab kalimat toyyibah astaghfirullah berikut keutamaan ketika membacanya yang bisa penulis bagikan kepada teman-teman sekalian.

Mudah-mudahan yang sedikit ini bisa memberikan manfaat. Mari perbanyak istighfar supaya dosa kita semua di ampuni oleh Allah SWT.

Ballighu “anni walau aayah,

sampaikanlah alau satu ayat.

wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.