Tulisan Bismillah

Tulisan Bismillah –   بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, Bismillahirrahmanirrahim artinya : Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Bismillahirrahmanirrahim itulah kalimat pertama kali yang penulis ucapkan untuk memulai menulis tulisan pertama pada blog ini.

Pada tulisan pertama ini kita akan membahas tentang kalimat yang sederhana namun memiliki efek yang sangat luar biasa.

Tulisan Arab Bismillah

gambar tulisan arab bismillah
dokumen pribadi

Gambar di atas adalah gambar tulisan arab bismillah dengan harokat.

Tulisan Bismillah Perhuruf

gambar tulisan arab bismillah
dokumen pribadi

Gambar di atas adalah gambar tulisan arab bismillah dengan harokat.

Bismillah juga merupakan salah satu kalimat toyyibah dalam ajaran agama islam atau kalimat yang baik untuk di ucapkan, seperti istighfar, tahlil, tasbih, tahmid, istirja’ dan lain sebagainya.

Mengapa di sebut sebagai kaliamat yang baik untuk di ucapkan? karena jika kita membacanya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Tulisan Bismillah dan Arti dan Penjelasannya

Berikut ini merupakan ulasan singkat tentang tulisan bismillah Mari simak ulasannya berikut ini.

Arti Tulisan Bismillah

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ – tulisan bismillah arab

Bismillahirrahmanirrahim, artinya : dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Makna atau arti Jika di pecah perkalimat :

TULISAN ARAB

ARTI

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ

Dengan menyebut nama Allah

الرَّحْمَنِ

(yang) Maha Pengasih

الرَّحِيْمِ

(lagi) Maha Penyayang

 

Tulisan Bismillahirrahmanirrahim, Jika di pisah perhuruf akan menjadi 19 huruf hijaiyah yang terdiri dari :

  1. ب
  2. س
  3. م
  4. ا
  5. ل
  6. ل
  7. ه
  8. ا
  9. ل
  10. ر
  11. ح
  12. م
  13. ن
  14. ا
  15. ل
  16. ر
  17. ح
  18. ي
  19. م

Penjelasan Tulisan Bismillah

(Bismillâhirrahmânirrraîim) atau tulisan bismillah

artinya “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”.

Adapun penjelasan dari kitab Safînatun Najâh yakni huruf Ba’ pada “Bismallâh” mempunyai posisi sebagai huruf jar yang memiliki ikatan (ta’aluq) dengan kalimat sebelumnya yang pada basmallah ini ikatannya (ta’aluq) dibuang, kemudian akan berbunyi abtadi-u yang artinya aku memulai, dan bismillah yang berarti “saya (kami) memulai dengan menyebut nama Allah”.

Ditinjau dari susunan kata bahasa arab berasal dari kata اللَّهِ+“Ismi” بِ + ا سْمِ “Bi” (baca dari kanan yaa).

Tulisannya “Bi ismi Allah” di bacanya “Bismillah” karana huruf hamzah (أ) pada kata “ismi” adalah hamzah washol.

Dari kalimat tersebut dapat disimpulkan semacam pernyataan hambanya untuk mengucap. Atau dapat di tafsirkan seperti perintah dari-Nya.

Kalimat yang mulia yang satu ini sejatinya sangatlah ampuh. Hanya dengan membaca satu kalimat ini bisa membuat sesuatu hal menjadi berbeda. Bagaimana maksudnya?

Sejatinya kita sebagai manusia dan jin di ciptakan oleh Allah SWT adalah untuk beribadah kepada-Nya (Allah SWT).

Sebagaimana firmannya dalam QS. Adz-Dzaariyat : 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
“Wa ma kholaqtul jinna wal insa illa liya’buduun”
Artinya: tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk meyembah kepadaku.

Dalam melakukan segala sesuatu pekerjaan atau aktivitas sehari-hari  jika di awali dengan bacaan tulisan “Bismillah”  maka akan tercatat sebagai ibadah kepada Allah SWT.

Bahkan jika kita lelah, maka akan terhitung sebagai “lillah” atau beribadah kepada Allah SWT bayangkan berapa banyak pahala yang akan kita dapatkan hanya dengan mengucapkan kalimat sesederhana bismillah.

Namun jika tidak di awali dengan bismillah maka segala sesuatu yang kita kerjakan ya hanya mendapatkan sekedarnya, lelah ya lelah, berkurang, atau hilang keberkahannya sayang sekali bukan.

Seperti penjelasan hadits berikut ini

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ ببسم الله فهو أبتر
“Segala urusan penting yang tidak diawali bismillah, maka akan berkurang (atau bahkan hilang) keberkahannya”. (HR. Ibnu Hibban)

Keutamaan dan Hadits Tentang Bismillah

Berikut ini merupakan keutamaan membaca bismillah di nukil dari hadits-hadits dari kitab Di dalam kitab Lubbabul Hadis bab ketiga, imam As-Suyuthi

#1.Menghancurkan Syaitan

Keutamaan yang pertama adalah kalimat bismillah bisa menghancurkan syaitan sebagai mana hadits berikut ini.

قال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ ذَابَ الشَّيْطَانُ كَما يَذُوْبُ الرَّصَاصُ عَلَى النَّارِ} 

Nabi saw. bersabda, “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali setan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas api.”

#2. Menghapuskan Dosa

Dengan membaca bismilah juga bisa membantu menghapuskan dosa-dosa kecil kita yang sudah banyak menumpuk seperti penjelasan  hadits berikut ini.

وقالَ صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ مَرَّةً لَمْ يَبْقَ مِنْ ذُنُوبِهِ ذَرَّةٌ}.
Nabi saw. bersabda, “Barang siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim sekali maka tidak ada tersisa sedikitpun dari dosa-dosanya (yang kecil) yang telah lalu.”

#3. Dicatat 400 Kebaikan

Keutamaan membaca bismillah beriutnya adalah Dicatat untuk kita 400 Kebaikan

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَا مِنْ عَبْدٍ يَقُولُ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ إلاَّ أمَرَ الله تَعَالى الكِرَامَ الكَاتِبْينَ أن يَكْتُبُوا في دِيوَانِهِ أرْبَعْمَائَةِ حَسَنَةٍ}.
Nabi saw. bersabda, “Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah ta’ala (Yang Maha Luhur) memerintahkan malaikat yang mulia pencatat amal untuk mencatat di buku catatannya empat ratus kebaikan.”

#4. Mencegah dari Perbuatan yang Tidak Berguna

Dengan membaca bismillah ternyata bisa juga menghindarkan kita dari perbuatan yang tidak berfaedah seperti bergosip.

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا جَلَسْتُمْ مَجْلِسا فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم فإنَّ مَنْ فَعَلَ ذالكَ وَكَّلَ الله بِهِ مَلَكا يَمْنَعَهُمْ مِنَ الغَيبةِ حَتَّى لا يَغْتَابُوكُمْ}

Nabi saw. bersabda, “Jika kalian duduk di suatu tempat, maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihi wa sallam, maka sungguh siapa yang melakukan itu, Allah akan mewakilkan dengannya seorang malaikat yang akan mencegah mereka (manusia) dari bergosip sampai mereka tidak akan dapat memfitnah kalian.”

#5. Dicatat Sebagai Orang Baik

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ قَالَ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ كُتِبَ اسْمُهُ مِنَ الأبْرَارِ وَبرِىءَ مِنَ الكُفْرِ والنفاقِ}.

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim maka namanya akan ditulis sebagai orang-orang yang baik dan terbebas dari kekufuran dan kemunafikan.”

#6. Bismillah Sebagai Penghias Al-Qur’an

وقَالَ صلى الله عليه وسلم: {إنَّ الله سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى زَيَّنَ السَّمَاءَ بِالكَوَاكِب وَزَيَّنَ المَلائِكَةَ بِجِبْرِيلَ وَزَيَّنَ الجَنَّةَ بِالحُورِ وَالقُصُورِ، وَزَيَّنَ الأنْبِيَاءَ بِمُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم، وَزَيَّنَ الأيّامَ بِيَوْمِ الجُمُعَةِ، وَزَيَّنَ اللَّيَالِي بِلَيْلَةِ القَدْرِ، وَزَيَّنَ الشُّهُورَ بِشَهْرِ رَمَضَانَ، وَزَيَّنَ المساجدَ بالكَعْبَةِ، وَزَيَّنَ الكُتُبَ بِالقُرْآنِ، وَزَيَّنَ القُرْآنَ بِبِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ }.

Nabi saw. bersabda, “Sungguh Allah subhanahu wa ta’ala menghias langit dengan benda-benda langit (matahari, bulan, dan bintang-bintang) dan menghias malaikat dengan Jibril, menghias surga dengan bidadari dan istana-istana, menghias para nabi dengan nabi Muhammad saw., menghias hari-hari dengan hari Jum’at, menghias malam-malam dengan lailatul qadar, menghiasi (di antara) bulan-bulan dengan bulan Ramadhan, menghias masjid-masjid dengan Ka’bah, menghias kitab-kitab dengan Al-Qur’an, dan menghias Al-Qur’an dengan bismillahirrahmanirrahim.”

#7. Dihindarkan dari Fitnah

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذا قُمْتُمْ فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى الله عَلَى سَيِّدِنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلهِ وصَحْبِهِ وَسَلَّمَ فإنَّ النَّاسَ إذا اغْتَابُوكُمْ يَمْنَعُهُمْ الملك عَنْ ذالِكَ}.

Nabi saw. bersabda, “Jika kalian berdiri maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam, sungguh manusia jika akan memfitnah kalian, maka malaikat akan mencegah mereka dari perbuatan itu.”

#8. Memanjangkan Kalimat Ar-Rahman

وقال صلى الله عليه وسلم: {إذَا كَتَبَ أحَدُكُمْ بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ فَلْيَمُدَّ الرَّحْمانَ}

Nabi saw. bersabda, “Jika salah satu dari kalian menulis bismillahirrahmanirrahim, maka hendaklah ia memanjangkan lafadz Ar-Rahmaan.”

#9. Diampuni Dosa

وقال صلى الله عليه وسلم: {مَنْ كَتَبَ بِسْمِ الله فَجَوَّدَ تَعْظِيما لله غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ وَمَا تَأَخَّرَ}

Nabi saw. bersabda, “Siapa yang menulis bismillah, lalu ia memperbagus (tulisannya) untuk mengagungkan Allah, maka dosanya (yang kecil) yang telah lalu dan yang akan datang akan diampuni.”

Dianjurkan Membaca Bismillah

Inilah beberapa kegiatan yang di anjurkan sebelum melakukannya membaca bismillah, karena beberapa hal berikut di anjurkan juga di dalam hadits.

  1. Ketika akan menulis.
  2. Ketika akan menyembelih hewan.
  3. Sebelum bersetubuh (sudah halal).
  4. Ketika akan makan.
  5. Sebelum tidur.
  6. Ketika akan bepergian dan naik kendaraan.
  7. Sebelum masuk rumah dan masjid.
  8. Ketika akan menutup tempat air atau bejana.
  9. Sebelum imam naik ke mimbar
  10. Menutup mata jenazah dan ketika akan memasukkan jenazah ke dalam liang kubur.
  11. Ketika meruqyah diri.
  12. Sebelum sholat sunnah.
  13. dan lain-lain.

Keutamaan Membaca Bismillah Lainnya

#1. Menumbuhkan Optimisme

Dengan membaca bismillah dengan yakin, dan percaya bahwasanya segala sesuatu itu tidak ada yang mustahil jika Allah berkehendak,

Kita harus percaya segala sesuatu yang bahkan di rasa tidak mungkin bisa saja terjadi jika kita memiliki keyakinan yang kuat jika dengan pertolongan Allah, dengan menyebut nama-Nya semua bisa saja terjadi.

#2. Dihindarkan dari Marabahaya

Dengan perasaan yakin kepada Allah dengan keagungan Nama-Nya dengan membaca bismillah kita bisa terhindar dari racun dalam makanan misalnya, jika ada orang yang berniat jahat.

#3. Membuat Hati Menjadi Tenang

Dengan membaca bismillah bisa menenangkan hati, karena kita yakin bahwa Allah akan selalu bersama kita.

#4. Meluruskan Niat

Dengan membaca bismillah dapat meluruskan niat kita yang semula hanya beraktivitas hanya sekedar beraktivitas kini bisa membuatnya menjadi semata-mata karena AllahSWT.

Gambar Kaligrafi Tulisan Bismillah

Berikut ini merupakan contoh gambar tulisan arab kaligrafi bismillah yang bisa penulis bagikan sebagai referensi ketika akan membuat kaligrafi bismillah.

tulisan bismillah

tulisan bismillah kaligrafi

tulisan bismillah

tulisan bismillah

kaligrafi bismillah

kaligrafi bismillah

kaligrafi bismillah

kaligrafi bismillah

kaligrafi bismillah

kaligrafi bismillah

kaligrafi bismillah

kaligrafi bismillah

tulisan bismillah

Video Tutorial Membuat Kaligrafi Tulisan Bismillah

Berikut ini merupakan video tutorial membuat tulisan bismillah yang bisa kalian coba ikuti.

Akhir Kata

Mungkin cukup itu saja pembahasan singkat kali ini seputar tulisan bismillah, tulisan arab bismillah penjelasan berikut manfaat membaca bismillah.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Jangan lupa sebarkan kebaikan dan pengetahuan di manapun kalian berada.

Ballighu “anni walau aayah,

sampaikanlah alau satu ayat.

wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published.